KONTRIBUTOR
Bisnis | Putu Putrayasa 6 Bulan lalu

Hilangkan 3 Penyakit Ini, Agar Anda Sukses Jadi Perantau

HarianBernas.com - "Menurut survey kecil-kecilan yang saya lakukan, ternyata para perantau, lebih sukses dari pada penduduk asli di suatu daerah." Kalimat ini, diucapkan oleh salah satu ...

Bisnis | Putu Putrayasa 6 Bulan lalu

Mungkin Ini Langkah Kecil yang Bisa Mengantarkan Anda Kerja di Bank

HarianBernas.com - Banyak orang ingin kerja di BANK tapi tidak tahu caranya. Padahal kerja di Bank adalah idaman banyak anak muda dan tentu para calon mertua sangat menginginkan menantu seor ...

Bisnis | Putu Putrayasa 6 Bulan lalu

Strategi Kecil Ini, Bisa Membuat Anda Terkenal dan Dibayar Mahal

HarianBernas.com - "Wah... kamu hebat, kamu masuk Koran Putu", sanjungan itu membuat badan serasa melayang. Puluhan orang mengucapkan selamat, guru-guru, kepala sekolah dan teman-teman ...

Bisnis | Putu Putrayasa 6 Bulan lalu

Kebaikan Kecil Anda Ini, Mungkin Bisa Menyelamatkan Hotel Anda dari Kebangkrutan

HarianBernas.com - Puluhan pemilik hotel yang saya temui, mengeluhkan betapa persaingan hotel di Jogja sungguh ketat. Konon ada 420 hotel di Jogja, dan setiap minggu nampak bangunan hotel ba ...

Bisnis | Putu Putrayasa 6 Bulan lalu

3 Langkah Ini, Bisa Membuat Banyak Orang Ingin Belajar dan Membayar Anda

HarianBernas.com - Kisah 8 tahun lalu..."Meskipun beliau trainer hebat, trainingnya belasan juta per peserta, kalau ikut training ke luar negeri nilainya ribuan dollar terus, tapi tempa ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Kesuksesan Anda Bisa Jauh Lebih Cepat Jika Berprofesi di Industri Ini

HarianBernas.com - Selamat Pagi Kawan. Perubahan selalu akan membawa 2 hal yang ekstrim. Pemenang atau Pecundang. Selain e-commerce, Industri Pariwisata akan menghasilkan pemenang atau pecun ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Rahasia Kecil Ini, Bisa Mengubah Kegagalan Anda Menjadi Kesuksesan

HaarianBernas.com - Kegagalan... Bukan hanya monopoli, mereka yang disebut sebagai orang yang gagal di komunitas mereka. Gagal juga menjadi sahabat mereka yang kita anggap orang yang sangat ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

3 Hal Ini, Bisa Membuat Anda Tersingkir dari Posisi Anda

HarianBernas.com - Mungkin judul artikel saya kali ini agak berlebihan, namun saya kira ini penting, untuk mengingatkan diri kita, yang saat ini menjadi pemimpin baik itu organisasi, bisnis milik ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Langkah Kecil Ini, Bisa Membuat Anda Kaya dari Properti

HarianBernas.com - "Kalau kamu bekerja, simpanlah hasil kerjamu dalam bentuk tanah." Itulah nasehat Ibu saya, 20 Tahun silam. Ayah saya pun menekankan hal yang sama, bukan hanya se ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Malu-Maluin: Kartu Nama CEO, Mental Manajer

HarianBernas.com - "Dimarahin...." Ujar Govinda, Anak saya yang berusia 10 tahun, sembari memainkan air di tangannya. Badannya menyender ke pinggir kolam kecil di sebuah Hotel Bint ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Pengen Bisnis Melesat Cepat? Begini Caranya...

HarianBernas.com - "Apakah tidak ada uang tunai?" kerling wanita di hadapan saya. "Nah itulah kelemahan saya bu, cita-citanya besar, uang tunainya kurang, tapi selalu ing ...

Inspirasi | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

7 Baju: Mukjizat Doa Restu Ibuku

HarianBernas.com - "Kamu tidak perlu bersedih .... toh apapun kesulitanmu sekarang, anak istrimu masih bisa makan, keluargamu masih utuh...., bisnismu yang lain masih ada yang berjalan," ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Ini Cara Menghilangkan 3 Derita Pria yang Tidak Punya Rumah

HarianBernas.com - Banyak orang yang membaca artikel ini hingga akhir, merasakan pikirannya terbuka dan mendapat PARADIGMA BARU, untuk membangun kesejahteraan keluarganya. Apakah Anda Pria, dan sud ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Jika Anda Ingin Bisnis Anda Panjang Umur, Baca Artikel Ini

HarianBernas.com - Selamat Pagi kawan-kawan semua.... Akhirnya kita bertemu..  di bulan terakhir di tahun ini, Desember 2016. Bulan ini jadi istimewa karena di keluarga kami, akan ada 2 oran ...

Bisnis | Putu Putrayasa 7 Bulan lalu

Bekerja Separuh Waktu, Hasil 3x Lipat, Ini Rahasianya

HarianBernas.com - "Apa bisa?" Gumam saya dalam hati, mata saya nanar menghadap layar komputer. Apa yang diajarkan oleh Brian Tracy dalam salah satu artikel dalam e-book yang barus ...

Bisnis | Putu Putrayasa 9 Bulan lalu

5 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Go Public

HarianBernas.com - Seorang Entrepreneur, jika sudah berani terjun di dalamnya, mestinya salah satu cita-citanya adalah menjadi Perusahaan Publik, inilah 5 alasan utama sebagai Entrepreneur mempersiapk ...

Bisnis | Putu Putrayasa 9 Bulan lalu

Belajar - Menjadi - Punya

HarianBernas.com - Kisah 8 tahun lalu... "Meskipun beliau trainer hebat, trainingnya belasan juta per peserta, kalo ikut training ke luar negeri nilainya ribuan dollar terus, tapi tempat tinggal ...

Ekonomi Bisnis | Putu Putrayasa 9 Bulan lalu

Membangun TEAM Pemenang

HarianBernas.com - Selamat Pagi Kawan... Perubahan selalu akan membawa dua hal yang ekstrim. Pemenang atau Pecundang. Selain e-commerce, industri pariwisata akan men ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

4 Hal Ini Bisa Mengantarkan Keajaiban pada Anda

HarianBernas.com - "Dik... adik tahu keajaiban nggak?" Tanya saya, sembari perjalanan menuju ke Bandara. "Tahu..." Jawabnya cepat. "Contohnya tadi, selesai berdoa, k ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

3 Keahlian Membuat Finansial Digdaya

HarianBernas.com -- Ketika saya masih berusia belasan tahun, saya sering iri, pada anak-anak muda yang belum genap berusia tiga puluh tahun, tapi mobil tunggangannya terbilang mewah.  Namun sa ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

6 Syarat Mendapat Kucuran Modal Usaha dari Bank

HarianBernas.com-"Pa, aku pinjem duitnya donk," ucap anak saya tiba-tiba sembari memainkan kakinya di air kolam renang. Meskipun Govinda baru berusia sepuluh tahun, dia memang sering meneman ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Mengenal Coaching Lebih Dekat

HarianBernas.com - "Coaching" adalah makluk baru bagi saya di tahun 2006 ketika pertama kali saya mendengar istilah itu. Coaching adalah satu hal yang belum ada dalam kamus hidup saya sebelu ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Investasi Intangible Asset: Mahal tapi Penting

HarianBernas.com - "Wowww Mahalll Bingittt ...." Begitulah kira-kira komentar adik saya, setelah mengetahui investasi yang harus saya keluarkan untuk mendalami dunia Business Coach ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

BEP : Bukan Hanya Titik Impas

HarianBernas.com - Ada yang menyebutnya Titik Impas, ada juga yang mengartikannya sebagai Jumlah Produk atau Omset Minimal yang harus dicapai agar tidak merugi. Break Even Point (BEP) menjadi penting, ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Mau Percepatan? Jadilah Pengusaha Level 4

HarianBernas.com - Ada banyak cara dalam Memiliki Bisnis, dengan membangun, bergabung bersama bisnis orang bahkan MEMBELInya. Ya.. Persis seperti jika Anda ingin minum kopi, Anda bisa membua ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Optimis di Saat Krisis : Selalu Ada Peluang untuk yang Siap

HarianBernas.com - " Saat ini banyak proyek ditunda, APBN telat, semua orang dalam posisi mengencangkan ikat pinggang", begitulah laporan dari beberapa orang tim marketing dengan nada p ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Senjata Rahasia Bernama Digital Leadership

HarianBernas.com -- "Baik pak Putu..., Saya akan pelajari", ujar lelaki pensiunan yang masih terlihat enerjik ini sembari menatap serius ke arah saya. Senyum tipis, mengurai keseriusanya men ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Waspadai: Politik Kantor dalam Perubahan

HarianBernas.com -- Jika Anda seorang pemimpin perusahaan, seorang coach ataupun konsultan bisnis, jangan pernah berpikir, bahwa sebuah ide cukup bagus, berarti akan mulus ketika Anda implementasikan ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Jadi Penulis Inspiratif itu, Kerennnn 38x

HarianBernas.com - "Wah Pak Putu ya... ", Sapa seorang pria paruh baya, sembari mengangsurkan tangannya, menjabat hangat dan tersenyum lebar. Sembari agak heran, karena saya merasa belu ...

Inspirasi | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Hati-Hati: Bahaya Terhipnotis Imajinasi Buruk

HarianBernas.com - "Hati-hati terintimidasi....", gumam saya dalam hati, sembari berdoa. Ketika mobil yang saya tumpangi, baru saja melewati sekerumunan orang yang mengerubungi sebuah kejadi ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Jebakan Mental bernama UMR

HarianBernas.com -- "Berapapun asal UMR mas....", ujar pria di hadapan saya. Kalimat ini saya dengarkan mungkin sudah ribuan kali, sejak pertama kali saya merekrut karyawan saya hampir dua p ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Pemimpin, Pemimpi, dan Pertanyaan

HarianBernas.com- "Pak Putu biasanya akan rajin bertanya. Sementara Pak X, dia mendiamkan timnya sampai timnya merasa kikuk sendiri," ujar salah seorang tim di hadapan saya. Saya memang bias ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

4 Prinsip Mengakhiri Kemiskinan

HarianBernas.com -- Lahir dan tumbuh di keluarga miiskin, menyebabkan, mungkin PR terbesar dalam hidup saya adalah menemukan jurus-jurus untuk mengakhiri kemiskinan dan menghentikannya datang kembali. ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Kalau Masalah Nggak Kelar-Kelar, Tandanya Kurang belajar

HarianBernas.com - "Begitulah ceritanya Pak, itu mengapa saya harus datang ke sini, menemui bapak secara pribadi, untuk memohon maaf dari bapak. Karena kekurangan dan kesalahan saya, jadinya sepe ...

Bisnis | Putu Putrayasa 11 Bulan lalu

Aset Alokasi untuk Modal Pensiun

HarianBernas.com-"Wih, Mas Putu masih muda kok sudah mikirin pensiun, hehe." Itulah kira-kira reaksi beberapa sahabat saya, 15 tahun lalu ketika saya masih berusia 23 tahun. Tentu, 23 tahun ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

Membangun PERSONAL BRANDING Bersama BERNAS  

HarianBernas.com - Jutaan Halaman dibuka di HarianBernas.com setiap tahunnya, bahkan Tim IT BERNAS, sedang Bekerja KERAS sekaligus CERDAS membuat JUTAAN Kunjungan setiap bulannya.  Manfaatkan ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

5 Ciri Perusahaan Nyaris Bangkrut yang Perlu Diwaspadai

HarianBernas.com - Di tengah semakin berubahnya konteks persaingan bisnis, maka mengetahui ciri-ciri perusahaan hendak bangkrut menjadi penting, baik itu bagi karyawan maupun bagi pemilik bisnis. P ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

3 Kategori Bisnis, Anda Termasuk yang Mana? 

HarianBernas.com - Pernah dengar istilah, bikin usaha sekedar "cukup untuk makan"? Itulah istilah yang saya hindari, sejak 20 tahun silam, ketika memulai bisnis pertama saya, laundry pakaian ...

Inspirasi | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

MRT Andalan Singapura Menata Kota (Laporan dari Singapura oleh Putu Putrayasa)

HarianBernas.com - Tak terasa, hampir seminggu di Singapura. Hari ini adalah hari terakhir, dan sungguh menyenangkan hingga rasanya tak ingin pulang.  Singapura, memang punya banyak hal untuk ...

Inspirasi | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

Lingkungan Membangun Kebiasaan (Laporan dari Singapura oleh Putu Putrayasa) 

HarianBernas.com - Seminggu di Singapura, saya hitung-hitung telah menempuh puluhan kilometer berjalan kaki. Berbeda dengan ketika di Indonesia yang cenderung mengandalkan kendaraan, baik dari rumah, ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

Batam, Kalau Indonesia Mau menang

HarianBernas.com - Jika Anda belum pernah ke Batam, saya menyarankan Anda segera memasukkan pulau yang bersebelahan dengan Singapura ini dalam daftar perjalanan Anda berikutnya.  Saya pertama ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

Pentingnya Pemilik Bisnis sebagai Pelatih

HarianBernas.com - Pemilik Bisnis, mau tidak mau harus memiliki keahlian sebagai pelatih bagi timnya. Jika tidak, para pemilik bisnis akan kewalahan, bahkan menjadi budak bagi bisnisnya.  20 t ...

Inspirasi | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

Pentingnya Belajar Hidup di Negeri Orang

HarianBernas.com - "Kok sepi sekali ya, Pa?" Putri yang memang baru pertama kali ke Singapura, agak heran, mengapa jalan-jalan dan lorong di Singapura nampak sepi, jauh dari kemacetan Jakart ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

3 Macam Modal Membesarkan Bisnis

HarianBernas.com -- Setiap orang yang memulai bisnisnya sendiri, pasti ingin bisnisnya besar. Apakah bisnis itu bisnis yang direncanakan dengan rencana bisnis yang baik, ataupun yang dilakukan dengan ...

Bisnis | Putu Putrayasa 12 Bulan lalu

Menemukan Motivasi Sukses di Pikiran Bawah Sadar

HarianBernas.com -- Hampir setiap orang, menyadari bahwa Motivasi, adalah salah satu kunci utama untuk meraih sukses. Baik itu sukses dalam bisnis, sukses dalam karir, sukses meraih jenjang pendidikan ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

3 Ciri Pemimpin Bisnis Ideal Era Medsos

HarianBernas.com - Sudah memulai bisnis sejak zaman komputer belum begitu banyak digunakan dalam bisnis, hingga bisnis menjadi sangat personal dan kendalikan smartphone membuat saya mengamati ribuan b ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Jangan Remehkan, Ini 3 Manfaat Utama Akuntansi bagi Pebisnis

HarianBernas.com - Banyak pebisnis, terutama pemula meremehkan peranan akuntansi dalam bisnis mereka. Padahal Akuntansi sangat penting sebagai sumber informasi sekaligus membangun disiplin seorang peb ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

3 Cara Memperoleh Jawaban "Ya" dalam Penjualan

HarianBernas.com - Memperoleh jawaban "Ya" dalam bisnis terutama dalam penjualan adalah hal penting. Apakah bisnis yang Anda miliki adalah bisnis kecil, bisnis online, bisnis rumahan, atau b ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Waspadalah, 3 Hal yang Bikin Laba Bisnis Tergerus

HarianBernas.com - Tergerusnya laba adalah yang menyebabkan banyak bisnis atau perusahaan harus menderita, bahkan bangkrut.  Apakah itu bisnis rumahan atau korporasi alias perusahaan skala bes ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

4 Hal yang Bikin Bisnis Susah Besar

HarianBernas.com - Banyak orang ingin sukses dari bisnis era sosial media dan bisnis online dewasa ini. Namun, tidak semua pemimpi, berhasil membesarkan bisnis mereka.  Apakah itu bisnis ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Strategi Mendapat Persetujuan dengan Pacing-Leading

HarianBernas.com -- Mendapatkan persetujuan dari orang lain adalah salah satu kunci sukses yang utama. Kenapa? Karena untuk sukses, apakah itu sekedar usaha rumahan, usaha sampingan untuk mendapatkan ...

Menulis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

5 Musuh Penulis Pemula yang Patut Disingkirkan

HarianBernas.com - Banyak penulis pemula atau calon penulis yang akhirnya mati suri impiannya jadi penulis hanya karena tidak mengetahui cara menyingkirkan hama-hama impian itu.  Padahal manfa ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

16 Tahun Bermimpi Punya Bank, Akhirnya...

HarianBernas.com - "Pak... bagaimana caranya agar saya bisa punya Bank? Berapa modalnya?" Saya memberondong lelaki paruh baya di hadapan saya. Dengan sabar, pria ini menjawab pertanyaan pemu ...

Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Waspadai 3 Pembunuh Ide Ini

HarianBernas.com - Anda sering punya ide bagus tetapi mati begitu saja? Waspadailah 5 pembunuh ide ini. Karena untuk sukses, kita memerlukan ide yang bagus, kreatif dan Inovatif. Jangan biarkan ide-id ...

Ekonomi Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

3 Langkah Membangun Sukses Otomatis

HarianBernas.com -- Apakah anda pernah bahkan sering mengalami, bahwa gagasan baik, ide cemerlang yang ditunda, akhirnya mati dengan tenang tanpa pernah menunjukkan tanda kehidupannya?  Jika i ...

Ekonomi Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

5 Tips Agar Banyak Teman Baru di Socmed

HarianBernas.com - Banyak bermain socmed, bisa memudahkan karir dan bisnis, jika dikelola dengan baik. Sebaliknya, jika dikelola asal-asalan dan mengikuti emosi pribadi, socmed bisa menyebabkan kita m ...

NLP | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Bayang-Bayang yang Menjauhkan Mimpi

HarianBernas.com - “Terus terang, masih ada satu kekhawatiran saya pak… “ Ujar pria di hadapan saya… sementara suara AC berdesir meniupkan udara dingin menyusuri seluruh ...

NLP | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Rahasia Bisnis Juara: Identitas dan Kapasitas

HarianBernas.com - Menjaga agar organisasi bisnis yang kita pimpin atau miliki, bisa bertahan apalagi menjadi organisasi bisnis Juara, bukan perkara mudah. Dari Puluhan organisasi bisnis yang say ...

NLP | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Jualan Laris dengan Double Bind

HarianBernas.com - “Minumnya, mau pake es jeruk, atau es teh mas?” Pertanyaan seperti pertanyaan di atas tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Atau Anda juga akan ...

NLP | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Salah Persepsi, Salah Nasib

HarianBernas.com - “The Map is not The Territory”. Kalimat tersebut adalah kalimat pertama, yang membuat saya jatuh cinta pada NLP. Jatuh cinta, setelah beberapa tahun sebel ...

NLP | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Pentingnya NLP Buat Leader, Manajer, dan Pemilik Bisnis

HarianBernas.com - Persaingan bisnis yang semakin ketat dari tahun ke tahun, memerlukan pemimpin-pemimpin yang andal, jika ingin tetap eksis, apalagi jika ingin memenangkan persaingan, bahkan men ...

NLP | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Manfaat Utama NLP, Membangun Percaya Diri

HarianBernas.com -- “Salah satu manfaat utama NLP adalah membangun percaya diri… karena banyak orang, hidupnya bermasalah karena kurang percaya diri…. “ Obrolan itu berlanjut ...

Ekonomi Bisnis | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

4C dan 4SET yang Bikin Kebangkrutan Wirausaha

JOGJA, HarianBernas.com -- 20 Tahun Jatuh Bangun dalam  bisnis, Mulai Dari Bisnis Laundry, Rental Komputer, Toko Komputer, Properti, Bimbingan Belajar, Perguruan Tinggi, Restoran, Pemilik Ko ...

Ekonomi Kreatif | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

ADEI Wujudkan Warung Digital Sebagai Keberpihakan pada Masyarakat Kecil

JAKARTA, HarianBernas.com --Jargon "berubah atau punah" tampaknya bukan guyon. Kehadiran Amazon.com yang telah melewati omset Walmart--retailer terbesar di Amerika--2 tahun terakhir ada ...

Finansial | Putu Putrayasa 1 Tahun lalu

Dunia Digital Indonesia akan Semakin Semarak dengan Kehadiran ADEI. Apa Fungsi Strategisnya?

JAKARTA, HarianBernas.com --Dunia digital di Indonesia akan semakin semarak. Hal ini tidak terlepas dari berkumpulnya para pelaku bisnis digital dalam Asosiasi Digital Indonesia (ADEI) yang tenga ...

BERIKUTNYA